Integrasi dan Manajemen Layanan: Apakah ITIL Berikutnya?

Layanan

Integrasi dan Manajemen Layanan atau SIAM adalah kerangka kerja fungsional. Secara stereotip, jika diteliti secara mendalam, ia meletakkan sayapnya pada kerangka yang diletakkan oleh ITIL. Ini kelaparan pada model siklus hidup ITIL dan karenanya merupakan kerangka kerja dan fungsi. Berlawanan dengan ITIL, SIAM memiliki fokus tambahan dalam pemberian layanan dan tata kelola holistik dengan tata kelola di semua mitra. Ini bertanggung jawab secara holistik untuk memastikan tolok ukur Manajemen Layanan diaktifkan dengan kontrol tata kelola dan keamanan.

Berbeda dengan pendahulunya, SIAM mendukung hubungan yang kuat dan kokoh antara bisnis dan TI. Itu semua menguraikan pentingnya meletakkan keselarasan perencanaan antara konsumen layanan, aplikasi, layanan cloud dan mitra infrastrukturĀ service ac jogja.

SIAM berencana menuju CSI dan manajemen layanan serta fokus untuk memberikan pandangan hierarkis dan fungsional organisasi. Singkatnya, seperti yang disarankan oleh Wiki: “Integrasi dan manajemen layanan (SIAM) adalah kerangka kerja untuk mengelola beberapa pemasok layanan teknologi informasi dan mengintegrasikannya untuk menyediakan satu organisasi TI yang menghadapi bisnis.”

Aspek SIAM yang paling nyata

Pada dasarnya, SIAM merupakan pengembangan dari konsep ITSM ITIL.
Ini lebih merupakan integrasi layanan dan bukan integrasi sistem seperti pendahulunya.
SIAM adalah semua tentang tata kelola dan akuntabilitas ujung ke ujung dari pemberian layanan.
Ini adalah orientasi otoritas ujung-ke-ujung, akuntabilitas, dan kepemilikan dan bergantung pada pemberdayaan, koordinasi dan kolaborasi di antara penyedia layanan. Ini tidak pernah tentang resmi, namun, SIAM selalu mengadvokasi dan memetakan input proses dengan output di seluruh mitra.
Oleh karena itu, perspektif yang fungsi SIAM lebih berorientasi pada kinerja layanan dan ketersediaan untuk pengguna akhir dan tidak pernah ditargetkan hanya berdasarkan sudut pandang profitmaking pemasok.
Peran dan Tanggung Jawab Konsultan SIAM

Peran fungsional utama konsultan SIAM adalah merancang dan mengimplementasikan proses-proses utama. Fokus utama terletak pada penanaman dan penggunaan kerangka kerja eTOM secara fungsional dengan sudut pandang strategis dan taktis dan memastikan untuk memberikan layanan tanpa ujung ke ujung secara global di semua vendor dan menjaga konsistensi.

Seorang konsultan SIAM memimpin dan mengidentifikasi area integrasi sistem dan layanan meningkatkan kolaborasi lintas mitra dan kepala fungsional mereka. Dari go-live semua layanan hingga operasi fungsional, ia memantau dan memastikan bahwa prosesnya diimplementasikan dengan mulus. Setelah proses berjalan berjalan, analisis lebih lanjut tentang pelaporan KPI dan identifikasi faktor-faktor untuk mendorong peningkatan layanan berkelanjutan (CSI).

Menjadi manajer Proses SIAM, saya merasa peran konsultan SIAM memiliki tanggung jawab kolosal yang selaras dengan profilnya dan hanya orang yang memiliki pandangan holistik terhadap lingkungan dapat melakukan keadilan terhadap peran tersebut. Terakhir, industri TI adalah proses yang terus berkembang dan dengan SIAM sebagai ujungnya, ia akan mencapai lebih banyak pengembangan dan pencapaian di masa depan.

Dengan pengalaman Manajemen Layanan 5+ tahun dan Yayasan ITIL V3, saya seorang konsultan fungsional untuk Manajemen Layanan & Integrasi Layanan secara global (Inggris, Eropa, Amerika, dan India) Online Bee dan Roshni

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *